Bergabung dalam mailing list kami. Tidak ketinggalan berita terbaru tentang praktik Dhamma

Tentang Meditasi

Profil Kami

Artikel Dhamma

Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

Pelajari panduan meditasi yang telah ditata secara step-by-step. Lihat jadwal meditasi dan daftar online untuk mengikuti kegiatan meditasi baik yang berlangsung selama sehari, tiga hari, sepuluh hari, atau tahunan. Baca Artikel Dhamma. Semua dapat dilakukan dalam situs ini.

INDONESIA

Forest Center: Bakom - Cianjur | Mancak - Serang

City Center: Sedayu Square - Jakarta | Pabuaran - Tangerang | Lubuk Pakam | Palembang

Situs ini adalah zona tanpa diskriminasi dalam bentuk apapun

© 2016 - 2019 Yayasan Satu Jalan Mulia Berunsur Delapan (YSJMBD)

Hubungi Kami | Kebijakan Privasi dan Lisensi

Ariyasacca merupakan gabungan kata dari bahasa Pāli. Ariya yang berarti mulia, dan sacca yang berarti kebenaran. Jadi Ariyasacca Meditation Center merupakan tempat meditasi untuk merealisasikan kebenaran mulia ajaran Buddha, yaitu dengan mempraktikkan Satu Jalan Mulia Berunsur Delapan (SJMBD): sīla, samādhi, paññā. Tentunya siapapun dapat merealisasikan kebenaran mulia tanpa melihat latar belakang orang tersebut. Siapapun diterima dengan suka cita asalkan secara tulus sepenuh hati ingin berlatih membebaskan diri dari cengkeraman kekotoran batin / kilesa.

Tempat meditasi vipassanā ini dibuat dekat perkotaan dengan tujuan agar para yogi yang hidupnya masih dipenuhi kesibukan dari berbagai pekerjaan, keluarga, sanak saudara, dan sebagainya memiliki sebuah tempat yang dapat dituju untuk bertemu dengan para praktisi Dhamma, sehingga dapat bersama-sama menyendiri dalam kesunyian. Walaupun terlihat sepele tetapi kebersamaan yang dibangun antara sesama praktisi sangatlah dibutuhkan dalam perjuangan menghadapi kekotoran batin / kilesa apalagi ketika berada dalam lingkungan kota yang kurang mendukung. Kalyanamitta, teman seperjuangan dalam Dhamma sangatlah penting guna saling menyemangati antara satu dan lainnya agar tetap mempraktikkan meditasi dalam kehidupan sehari-hari, tidak digulung oleh kemalasan dan kegelisahan. Tentunya lebih baik lagi untuk langsung mengambil waktu yang panjang bermeditasi di tempat yang kondusif seperti di Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT).

Selain itu bimbingan langsung tatap muka dengan seorang guru yang berpengalaman dalam mematahkan kekotoran batin / kilesa sangatlah bermanfaat bagi kemajuan praktik meditasi seseorang. Guru pembimbing dapat intensif mengarahkan para praktisi baik secara langsung maupun melalui interview dan memberi semangat melalui ceramah Dhamma.

Pada tahun 2017 sudah terdapat beberapa city center yang berada dalam naungan Yayasan Satu Jalan Mulia Berunsur Delapan (YSJMBD), yaitu:​

  1. Ariyasacca KENCANA Meditation Center - Sedayu Square, Jakarta Barat

  2. Ariyasacca PABUARAN Meditation Center - Tangerang

  3. Ariyasacca PAKAM Meditation Center - Lubuk Pakam, Sumatra Utara

  4. Ariyasacca SRIWIJAYA Meditation Group - Palembang, Sumatra Selatan

FB Page: Sukhesikarama

1,5k

Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

Sukhesikarama:

Meditasi Vipassanā

MENU