Bergabung dalam mailing list kami. Tidak ketinggalan berita terbaru tentang praktik Dhamma

Tentang Meditasi

Profil Kami

Artikel Dhamma

Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

Pelajari panduan meditasi yang telah ditata secara step-by-step. Lihat jadwal meditasi dan daftar online untuk mengikuti kegiatan meditasi baik yang berlangsung selama sehari, tiga hari, sepuluh hari, atau tahunan. Baca Artikel Dhamma. Semua dapat dilakukan dalam situs ini.

INDONESIA

Forest Center: Bakom - Cianjur | Mancak - Serang

City Center: Sedayu Square - Jakarta | Pabuaran - Tangerang | Lubuk Pakam | Palembang

Situs ini adalah zona tanpa diskriminasi dalam bentuk apapun

© 2016 - 2019 Yayasan Satu Jalan Mulia Berunsur Delapan (YSJMBD)

Hubungi Kami | Kebijakan Privasi dan Lisensi

Barang Kebutuhan Retret Meditasi

Selama kegiatan meditasi di Sukhesikarama Mindfulness Forest baik Retret Intensif, Retret Umum, maupun Days of Mindfulness, akan selalu disediakan kebutuhan-kebutuhan mendasar tanpa dipungut biaya seperti tempat tinggal dengan ranjang, matras tidur, dan bantal, makanan sederhana 2x sehari (non-vegetarian maupun vegetarian, harap memberitahukan saat pendaftaran terlebih dahulu), minuman sore, air minum, air, listrik, obat-obatan umum, deterjen, selimut, seprai, sarung bantal. Semua barang kebutuhan pokok tersebut diberikan dengan catatan bahwa setiap peserta kegiatan meditasi harus menaati tata cara yang berlaku serta melakukan kewajibannya sebagai seorang yogi.

 

Terlepas dari barang kebutuhan yang telah disediakan, di bawah ini adalah daftar berbagai barang kebutuhan pribadi lainnya yang sekiranya perlu dibawa oleh masing-masing peserta kegiatan meditasi, seperti:

  1. Pakaian secukupnya yang mudah dicuci. Untuk Retret Umum harap membawa pakaian untuk 10 hari karena tidak diperbolehkan cuci-mencuci. Untuk Days of Mindfulness harap disesuaikan. Untuk Retret Intensif empat pasang pakaian sudah temasuk cukup.

  2. Jaket tebal dan kaos kaki. Di SUMMIT BAKOM udara ketika subuh dan malam cukup dingin terutama di saat musim hujan. Di SUMMIT MANCAK udaranya normal.

  3. Sarung, disarankan membawa dua pasang karena wajib selalu dipakai.

  4. Sandal jepit tahan air.

  5. Perlengkapan mandi: handuk, sabun, shampoo, sikat gigi, odol, alat cukur, dan lainnya.

  6. Botol minum refillable, dapat menampung kurang lebih 1 liter air.

  7. Obat-obatan khusus jika ada gangguan kesehatan tertentu. Saat meditasi diusahakan untuk tidak menggunakan obat-obatan umum secara berlebihan terutama yang menyebabkan kantuk.

  8. Kartu Identitas (KTP, SIM, Kartu Siswa) untuk registrasi ulang.

Khusus Retret Intensif jika diperlukan dapat membawa:

  1. Vitamin, madu, dan minuman herbal lainnya.

  2. Makanan sehat instan tambahan, seperti havermout / oats, chia seed, dan lainnya.

Hindari membawa berbagai barang berbahan kulit karena udara di hutan cukup lembab sehingga sangat mudah berjamur. Sehubungan dengan udara lembab, jika kulit anda tergolong mudah berjamur, sebagai antisipasi disarankan untuk membawa obat anti jamur. Bagi yang berencana menetap dalam jangka waktu panjang, harap melakukan pemeriksaan gigi terlebih dahulu sebelum datang.

Ada baiknya untuk melihat peraturan dan tata tertib serta jadwal kegiatan sehari-hari selama retret meditasi terlebih dahulu. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi kami di sini.

FB Page: Sukhesikarama

1,5k

Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

Sukhesikarama:

Meditasi Vipassanā

MENU