Bergabung dalam mailing list kami. Tidak ketinggalan berita terbaru tentang praktik Dhamma

Tentang Meditasi

Profil Kami

Artikel Dhamma

Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

Pelajari panduan meditasi yang telah ditata secara step-by-step. Lihat jadwal meditasi dan daftar online untuk mengikuti kegiatan meditasi baik yang berlangsung selama sehari, tiga hari, sepuluh hari, atau tahunan. Baca Artikel Dhamma. Semua dapat dilakukan dalam situs ini.

INDONESIA

Forest Center: Bakom - Cianjur | Mancak - Serang

City Center: Sedayu Square - Jakarta | Pabuaran - Tangerang | Lubuk Pakam | Palembang

Situs ini adalah zona tanpa diskriminasi dalam bentuk apapun

© 2016 - 2019 Yayasan Satu Jalan Mulia Berunsur Delapan (YSJMBD)

Hubungi Kami | Kebijakan Privasi dan Lisensi

Berdāna Untuk Kegiatan Bermanfaat

Pengiriman Dāna (Donasi)

Rek. Bank Mandiri: 168-004333338-2

a/n Yayasan Satu Jalan Mulia Berunsur Delapan (YSJMBD)

Rek. BCA: 2774-44333-8

a/n Yayasan Satu Jalan Mulia Berunsur Delapan (YSJMBD)

Dāna (donasi) dapat dikirmkan ke salah satu rekening yang tertera di atas. Untuk mengetahui info seputar dāna silahkan menghubungi kontak yang tersedia di sini.

Sukhesikarama Mindfulness Forest - Bakom (SUMMIT BAKOM) merupakan tempat meditasi dengan luas tanah sekitar 1.8 hektar mulai dikembangkan sejak tahun 2009 oleh Y.M. Bhikkhu Gunasiri, selaku pendiri dan guru pembimbing utama. Semua pembangunan dilakukan secara bertahap dan tidak lain merupakan hasil kebajikan dari para donatur yang setia mendukung kami. Sudah tidak terhitung dāna yang telah terkumpulkan hingga saat ini. Pembangunan dapat terus berproses dan tidak terhenti berkat partisipasi orang banyak. Saat ini pun SUMMIT BAKOM masih dalam proses pengembangan. Jadi kami masih tetap membuka kesempatan bagi para umat, para yogi, maupun para simpatisan bersama-sama berdāna untuk melancarkan pembangunan SUMMIT BAKOM (thavara dāna / donasi untuk bangunan).

Walaupun masih dalam proses pembangunan, SUMMIT BAKOM sudah beroperasi sejak tahun 2012 di mana Retret Umum yang pertama kali diadakan dengan jumlah 30 peserta saja. Seiring dengan berjalannya waktu peserta Retret Umum menjadi semakin banyak dan pada Desember 2015 peminat meditasi bertambah hingga mencapai 200 peserta. Lonjakan peminat meditasi ini membuat semakin dibutuhkannya tempat meditasi yang dapat menampung banyak orang namun dengan suasana kondusif untuk berlatih yang tetap dipertahankan. Kebutuhan inilah yang menyebabkan kami tidak dapat memastikan kurun waktu penyelesaian pembangunan di SUMMIT BAKOM.

​​

Perlu diketahui bahwa tempat-tempat meditasi yang berada dalam naungan Yayasan Satu Jalan Mulia Berunsur Delapan (YSJMBD) selain untuk meditasi dapat difungsikan untuk berbagai kegiatan lainnya yang bermanfaat, tentu tema utamanya selalu tentang ajaran Buddha yaitu sīla, samādhi, paññā. Tidak menutup kemungkinan tempat meditasi lainnya di berbagai kota, seperti SUMMIT MANCAK dan Ariyasacca, juga membutuhkan bantuan dāna dari anda. Namun untuk sementara sumber daya yang tersedia lebih difokuskan pada pembangunan di SUMMIT BAKOM, sampai terdapat kebutuhan yang mendesak pada tempat-tempat meditasi lainnya.

Selain dāna materi untuk pembangunan, kami juga menerima dukungan anda untuk hal-hal lainnya. Contohnya untuk biaya keseharian berbagai tempat meditasi, makanan sehari-hari para bhikkhu, sāmaṇera, dan yogi, biaya agar situs ini dapat tetap aktif dan semakin berkembang, dan berbagai hal lainnya. Keseluruhan dāna tersebut dapat diberikan secara tetap (nicca dāna / donasi secara rutin) ataupun tidak tetap. Berapapun nominalnya akan diterima dengan penuh muditā citta. Tentu dāna materi tidak harus selalu dalam bentuk uang. Untuk dāna makanan justru sebaiknya anda datang dan memberikan makanan secara langsung jika anda berada dekat dengan lokasi tempat berdiam para bhikkhu, sāmaṇera, dan yogi tersebut.

Anda juga dapat turut serta berdāna tenaga dan waktu yaitu menjadi volunteer di saat kegiatan Retret Umum 10 hari yang kami adakan ataupun kegiatan-kegiatan lainnya seperti kathina dan baksos. Syaratnya adalah ketulusan hati dan semangat untuk memberikan yang terbaik demi terselenggaranya kegiatan tersebut. Jika anda ingin mengabdikan hidup anda selama kurun waktu yang panjang menanam jasa kebajikan sebagai volunteer tetap di tempat-tempat meditasi kami, hal ini pun dapat kami pertimbangkan. Jika berminat untuk meluangkan tenaga dan waktu silahkan menghubungi kami.

 

Dukunglah kami terus agar bisa semakin maksimal menyebar-luaskan Praktik Dhamma ini yang indah di awalnya, indah di pertengahannya, indah di akhirnya, semuanya demi kemajuan Buddha Sāsana dan dunia. Sebarkanlah info ini pada mereka yang belum mengetahui cara terbaik menimbun Harta Karun berupa KEBAJIKAN yang nanti pasti mengikutinya (Dhamma Dāna).

"Tak ada seorangpun yang dapat mengambil Harta Karun berupa KEBAJIKAN. Tidak dapat dirampas oleh perampok. Orang cendekia sepatutnya menimbun Harta Karun berupa KEBAJIKAN yang nanti pasti mengikutinya"

Nidhikaṇḍa Sutta - Khuddakapāṭha

Khotbah Sang Buddha tentang dipendamnya Harta Karun

FB Page: Sukhesikarama

1,5k

Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

Sukhesikarama:

Meditasi Vipassanā

MENU