Mettā Chanting - Cinta Kasih ke seluruh penjuru

Metta Chanting - Cinta Kasih ke seluruh penjuru

Mettā artinya adalah cinta kasih yang universal, tidak memandang siapa penerimanya. Dalam pembacaan Mettā Chanting - Syair Cinta Kasih ini anda harus melafalkan sekaligus mengerti artinya dengan benar sehingga dapat meresapi setiap bait yang anda bacakan dan menyatu dengan alunannya. Pelafalannya harus dengan kelembutan hati dan disertai pemancaran cinta kasih dari lubuk hati.


Boleh diiramakan / dilagukan, tetapi tetap harus dengan penuh konsentrasi. Mungkin contoh iramanya dapat mengikuti lagu The Chant of Mettā dari penyanyi Imee Ooi. Namun tidak juga harus selambat itu. Y.M. Bhikkhu Gunasiri memberikan contoh cara melafalkan Mettā Chanting (tekan di sini untuk mendengarkan). Anda harus memperhatikan bagaimana cara membaca bahasa pāli yang benar agar tidak terjadi kesalahan pelafalan.


Saat yang paling tepat untuk Mettā Chanting adalah setelah anda bermeditasi vipassanā karena anda telah mengikis kekotoran batin / kilesa yang merupakan suatu perbuatan bajik tertinggi (velāma sutta), kemudian anda melimpahkan jasa kebajikan yang anda buat pada berbagai makhluk tanpa kecuali. Tetapi sebenarnya dimanapun dan kapanpun anda dapat melakukan Mettā Chanting ini baik di rumah, kantor, toko, dalam perjalanan, ataupun berbagai tempat lainnya ketika sedang menganggur daripada anda melamun atau berpikiran yang tidak-tidak.


Niscaya dari seringnya anda membacakan Mettā Chanting ini akan membawa kerukunan dan keharmonisan baik bagi diri anda, keluarga, orang-orang di sekitar anda, makhluk-makhluk apapun juga karena memang Mettā Chanting ini merupakan suatu perbuatan baik melalui ucapan benar (sammā vācā). Semoga semua makhluk hidup berbahagia.


Mettā Chanting - Cinta Kasih ke seluruh penjuru
Mettā Chanting - Cinta Kasih ke seluruh penjuru

1874 tampilan

Postingan Terbaru

Baru pertama kali membuka situs ini?