top of page

Sistem Tahapan Aktif Jasmani Tahap-2 Berdiri

Q: Bagaimana cara menggunakan Sistem Tahapan Aktif Jasmani Tahap-2 Berdiri ini ketika meditasi?


Sistem Tahapan Aktif Jasmani Tahap-2 Berdiri

A: Mirip sekali dengan di saat anda duduk, perbedaannya terletak di bentuk postur tubuh yang anda sadari saja. Ketika anda berdiri sadari mulai dari puncak kepala langsung tarik ke arah bawah mengikuti bentuk tubuh sampai ke dua ujung jari kaki secara sekilas lalu catat dalam batin BERDIRI. Ibarat merasakan guyuran air di atas kepala yang mengalir ke seluruh tubuh sampai ke kaki.


Kemudian anda menyadari enam titik utama nāma-rūpa / timbul-lenyap yang sangat efektif membantu menegakkan badan kembali ke posisi samādhi.


Sistem Tahapan Aktif Jasmani Tahap-2 Berdiri

Sistem Tahapan Aktif Jasmani Tahap-2 Berdiri

Sistem Tahapan Aktif Jasmani Tahap-2 Berdiri

Jadi yang anda sadari adalah rahang bawah kanan lalu catat dalam batin RAHANG BAWAH KANAN. Lalu kesadaran pindah ke rahang bawah kiri lalu catat dalam batin RAHANG BAWAH KIRI. Langsung kesadaran melompat ke titik pantat kanan diikuti mencatat dalam batin TITIK PANTAT KANAN. Kemudian ke titik pantat sebelahnya dan catat dalam batin TITIK PANTAT KIRI. Lompat turun lagi ke titik tengah telapak kaki kanan dan catat dalam batin TELAPAK KAKI KANAN. Yang terakhir pindah ke sebelahnya catat dalam batin TELAPAK KAKI KIRI.


Tahapan ini diulang sebanyak 3 - 5x sebelum pindah ke tahapan berikutnya.


Sistem ini selalu dipakai saat tidak ada hambatan fisik ataupun mental saat anda meditasi berdiri secara berulang-ulang. Ketika muncul hambatan, anda harus segera tangani hambatan tersebut dengan mahir. Selamat berjuang!



Lihat video ini sekarang:


62 tampilan

Postingan Terbaru

Baru pertama kali membuka situs ini?

bottom of page