top of page

Sistem Tahapan Aktif Jasmani Tahap-2 Duduk


Q: Bagaimana cara menggunakan Sistem Tahapan Aktif Jasmani Tahap-2 Duduk ini ketika meditasi?


A: Ketika anda menutup mata, pastilah dengan mudah anda dapat merasakan postur tubuh anda mulai dari kepala sampai ke ujung jari kaki. Pada tahapan ini, itulah yang perlu anda sadari. Namun seperti biasa lakukan secara sekilas saja. Jangan menscanning satu persatu bagian tubuh yang dilewati. Ibarat merasakan guyuran air di atas kepala yang mengalir ke seluruh tubuh sampai ke kaki.


Sistem Tahapan Aktif Jasmani Tahap-2 Duduk

Jadi ketika meditasi duduk, sadari postur tubuh duduk anda dari puncak kepala turun cepat sampai kedua ujung jari kaki yang melipat bersila lalu catat dalam batin DUDUK.


Sistem Tahapan Aktif Jasmani Tahap-2 Duduk

Kemudian titik pantat adalah bagian tumpuan berat utama di pantat yang terasa saat anda duduk. Titik itulah yang perlu anda sadari. Saat kesadaran anda berada di titik pantat kanan catat dalam batin TITIK PANTAT KANAN. Lalu kesadaran berpindah ke titik pantat sebelahnya dan diikuti pencatatan dalam batin TITIK PANTAT KIRI.


Jangan lupa lakukan tahapan ini sebanyak 3 - 5x baru dilanjutkan ke tahapan berikutnya.


Sistem ini selalu dipakai saat tidak ada hambatan fisik ataupun mental saat anda meditasi duduk secara berulang-ulang. Ketika muncul hambatan, anda harus segera tangani hambatan tersebut dengan mahir. Selamat berjuang!



Lihat video ini sekarang:


117 tampilan

Postingan Terbaru

Baru pertama kali membuka situs ini?

bottom of page