top of page

Sistem Tahapan Aktif Jasmani Tahap-3 bagian Kepala

Sistem Tahapan Aktif Jasmani Tahap-3 bagian Kepala

Q: Bagaimana cara menggunakan Sistem Tahapan Aktif Jasmani Tahap-3 Bagian Kepala ini ketika meditasi?

A: Yang anda sadari saat melakukan tahapan ini adalah menyadari mulai dari keseluruhan muka, naik ke atas menuju ubun-ubun, lalu turun ke bagian belakang kepala. Anda hanya perlu menyadari tiga bagian tersebut. Penyadaran tiap bagian anda lakukan hanya sekilas saja tidak perlu terlalu lama.

Jangan lupa mencatat! Disaat kesadaran anda berada di muka maka catat dalam batin MUKA. Ketika kesadaran anda beralih naik ke ubun-ubun catat dalam batin UBUN-UBUN. Lalu saat kesadaran anda turun ke belakang kepala catat dalam batin BELAKANG KEPALA. Dan selalu akhiri dengan mencatat dalam batin LEPAS TEGANG. Tahapan ini dikombinasikan dengan Tahap-3 bagian lainnya yang diulang sebanyak 3 - 5x baru lanjut ke tahapan berikutnya.

Perlu diketahui lepas tegang bukanlah merilekskan badan sehingga badan menjadi lemas dan umumnya menjadi bungkuk. Saat menyadari jasmani, di kulit bagian luar akan terasa sensasi yang menyerupai riak di sebuah kolam air ketika sebuah batu dijatuhkan disana. Sensasi itulah yang dicatat sebagai lepas tegang. Namun sensasi tersebut tidak pasti selalu ada. Biasanya terasa dominan di daerah pipi. Ada tidak adanya sensasi tersebut anda tetap saja mengakhiri dengan mencatat lepas tegang.

Sistem ini selalu dipakai saat tidak ada hambatan fisik ataupun mental saat anda meditasi duduk dan berdiri secara berulang-ulang. Ketika muncul hambatan, anda harus segera tangani hambatan tersebut dengan mahir. Selamat berjuang!



Lihat video ini sekarang:


107 tampilan

Postingan Terbaru

Baru pertama kali membuka situs ini?

bottom of page