Sistem Tahapan Aktif Jasmani Tahap-4 dan 5

Q: Bagaimana cara menggunakan Sistem Tahapan Aktif Jasmani Tahap-4 dan 5 ini ketika meditasi?


A: Tahap-4 hanya digunakan jika muncul salah satu hambatan fisik ini: mati rasa / baal, tegang / kaku, pegal, penat dan pusing. Dipecah dalam tiga bagian besar, yaitu kepala, badan, dan kaki. Anda hanya perlu menggunakan sesuai dengan bagian yang bermasalah.


Jadi jika kaki kanan anda mati rasa / baal, maka anda hanya perlu menggunakan bagian kaki kanan, yaitu titik pantat kanan, kaki kanan maju, kaki kanan mundur.


Yang dimaksud dengan kaki kanan MAJU adalah kesadaran anda bergulir dari paha kanan sisi luar, mengalir melewati lutut, tulang kering, mata kaki, tempurung kaki, hingga ujung jari kaki kanan. Kulit tubuh anda pada sisi luar ini pasti berwarna lebih gelap daripada sisi dalam, karena lebih sering terpapar matahari.


Setelahnya anda langsung lanjutkan dengan penyadaran kaki kanan MUNDUR. Di mana kesadaran anda bergulir dari telapak kaki kanan, tumit, betis, paha sisi dalam, hingga titik pantat kanan. Kulit tubuh anda pada sisi dalam ini pasti berwarna lebih terang daripada sisi luar, karena tidak sering terpapar matahari. Hal ini juga sama berlaku untuk kaki kiri.


Maka anda harus berulang-ulang mengelilingi kaki kanan anda hingga mati rasa / baal tersebut lenyap total, bahkan jika memerlukan waktu berjam-jam. Begitu juga ketika keram di tangan maka gunakan bagian badan. Jika penat di kepala maka gunakan bagian kepala.


Sedangkan untuk Tahap-5 dipecah dalam 28 bagian tubuh. Tahapan ini lebih terperinci jika dibanding dengan yang lain. Tiap bagian tubuh dilewati satu per satu, namun tiap penyadarannya hanya perlu dilakukan secara sekilas. Anda tidak perlu mencari-cari sensasi apapun ketika menggunakan tahapan ini, hanya sekedar melewati tiap bagian saja.


Penyadarannya dimulai dari rahang atas, pipi, mata, dahi, ubun-ubun, belakang kepala, punggung leher, pundak kanan, tangan kanan maju, tangan kanan mundur, pundak kiri, tangan kiri maju, tangan kiri mundur, punggung, pinggang, pinggul, titik pantat kanan, kaki kanan maju, kaki kanan mundur, titik pantat kiri, kaki kiri maju, kaki kiri mundur, titik pantat kanan, titik pantat kiri, daerah pribadi, perut, dada, leher depan, rahang bawah.


Untuk MAJU dan MUNDUR baik bagian tangan dan kaki sama seperti penjelasan sebelumnya. Untuk tangan kanan MAJU berarti kesadaran mulai bergulir dari ujung pundak kanan, lengan atas sisi luar, siku, lengan bawah sisi luar, tempurung tangan, sampai ujung jari tangan kanan. Sedangkan MUNDUR berarti kesadaran mulai bergulir dari telapak tangan kanan, lengan bawah sisi dalam, lengan atas sisi dalam, hingga ketiak kanan.


Tahap-5 selalu dipakai saat tidak ada hambatan fisik ataupun mental saat anda meditasi duduk dan berdiri secara berulang-ulang. Ketika muncul hambatan, anda harus segera tangani hambatan tersebut dengan mahir. Selamat berjuang!



Lihat video ini sekarang:



0 tampilan

Postingan Terbaru

Baru pertama kali membuka situs ini?

Bergabung dalam mailing list kami. Tidak ketinggalan berita terbaru tentang praktik Dhamma

Tentang Meditasi

Profil Kami

Artikel Dhamma

Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

Pelajari panduan meditasi yang telah ditata secara step-by-step. Lihat jadwal meditasi dan daftar online untuk mengikuti kegiatan meditasi baik yang berlangsung selama sehari, tiga hari, sepuluh hari, atau tahunan. Baca Artikel Dhamma. Semua dapat dilakukan dalam situs ini.

INDONESIA

Forest Center: Bakom - Cianjur | Mancak - Serang

City Center: Sedayu Square - Jakarta | Pabuaran - Tangerang | Lubuk Pakam | Palembang

Situs ini adalah zona tanpa diskriminasi dalam bentuk apapun

© 2016 - 2019 Yayasan Satu Jalan Mulia Berunsur Delapan (YSJMBD)

Hubungi Kami | Kebijakan Privasi dan Lisensi

FB Page: Sukhesikarama

1,5k

Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

Sukhesikarama:

Meditasi Vipassanā

MENU