Bergabung dalam mailing list kami. Tidak ketinggalan berita terbaru tentang praktik Dhamma

Tentang Meditasi

Profil Kami

Artikel Dhamma

Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

Pelajari panduan meditasi yang telah ditata secara step-by-step. Lihat jadwal meditasi dan daftar online untuk mengikuti kegiatan meditasi baik yang berlangsung selama sehari, tiga hari, sepuluh hari, atau tahunan. Baca Artikel Dhamma. Semua dapat dilakukan dalam situs ini.

INDONESIA

Forest Center: Bakom - Cianjur | Mancak - Serang

City Center: Sedayu Square - Jakarta | Pabuaran - Tangerang | Lubuk Pakam | Palembang

Situs ini adalah zona tanpa diskriminasi dalam bentuk apapun

© 2016 - 2019 Yayasan Satu Jalan Mulia Berunsur Delapan (YSJMBD)

Hubungi Kami | Kebijakan Privasi dan Lisensi

Loading...

Peletakan batu pertama di SUMMIT BAKOM terjadi pada tahun 2009 dan setelahnya pembangunan mulai berjalan secara bertahap di tahun 2010. Walaupun pembangunan hingga saat ini masih berjalan tetapi sudah digunakan sebagai tempat meditasi sejak tahun 2012. Pada awalnya peserta Retret Umum hanya sekitar 30 orang saja, namun seiring berjalannya waktu jumlah peserta terus bertambah dengan cukup pesat. Saat ini SUMMIT BAKOM dapat menampung kurang lebih sekitar 300 peserta saat Retret Umum.

Area meditasinya sangatlah luas dan beragam. Terdapat empat dhamma hall masing-masing dua untuk pria dan dua untuk wanita. Meditasi di alam terbuka terlindungi oleh kelambu dengan nuansa hutan yang asri bisa dilakukan di area taman, di gazebo, maupun di bawah kerindangan pohon Rājāyatana seperti Sang Buddha yang bermeditasi di bawah pohon tersebut saat minggu ke-7 setelah beliau mencapai Penerangan Sempurna. Forest center ini sudah sangat memadai untuk melaksanakan meditasi mengikis kekotoran batin / kilesa hingga mencapai kesucian.

Di saat Retret Intensif setiap yogi akan menempati satu kamar tidur sederhana sendiri-sendiri dengan ranjang, matras tidur, bantal, dan selimut. Makanan sederhana dengan porsi mencukupi khas Indonesia selalu tersedia di saat sarapan dan makan siang. Minuman sachet juga tersedia untuk minum sore. Makanan vegetarian pun dapat disediakan dengan memberitahukan terlebih dahulu saat mendaftar. Yang pasti janganlah memilih-milih apalagi membuang makanan yang telah disediakan karena hal tersebut sangat tidak pantas bagi seorang yogi yang sedang menempa kualitas mentalnya.

Syarat utama untuk diperbolehkan mengikuti Retret Umum dan Intensif di SUMMIT BAKOM adalah kondisi kesehatan yang baik. Orang dengan kondisi kesehatan yang buruk tidak dapat diterima karena forest center ini berada cukup jauh dari kota, tidak ada transportasi siap pakai, rumah sakit terdekat membutuhkan waktu lebih dari 1 jam untuk dicapai, dan dalam kesehariannya tidak ada satu orang pun yang dapat merawat. Namun perlu diketahui bahwa tidak ada batas usia minimal atau maksimal yang diperbolehkan untuk bermeditasi di forest center ini. Sekali lagi yang terpenting adalah keseriusan dalam bermeditasi.

Lihat video ini sekarang:

 
Rute Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

FB Page: Sukhesikarama

1,5k

Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

Sukhesikarama:

Meditasi Vipassanā

MENU