Bimbingan Meditasi terperinci - Sharing oleh TAN ONG GUAN


Sebenarnya Tan Ong Guan yang berasal dari Palembang sudah cukup lama mengenal meditasi vipassanā dan sering aktif ikut retret meditasi. Namun selama ini dia tidak menemukan suatu ajaran yang dijelaskan secara terperinci oleh seorang guru pembimbing sehingga tidak merasakan ada manfaat yang nyata bagi dirinya. Maka dari itu ia meninggalkan meditasi vipassanā dan lebih fokus ke meditasi ānāpānasati / pernapasan setiap harinya, tetapi hanya mendapatkan ketenangan, tidak ada kemajuan kualitas mental.


Ketika ia ikut salah satu kegiatan meditasi yang diadakan di Palembang, ia merasakan perbedaan yang nyata dari cara-cara yang disampaikan oleh Y.M. Bhikkhu Gunasiri, karena sangat terperinci dalam hal postur tubuh dan objek penyadaran saat meditasi duduk, berdiri, maupun jalan sehingga ia dapat dengan jelas memahami cara yang benar dalam bermeditasi. Dengan itu ia pun memutuskan untuk ikut serta dalam retret meditasi 10 hari di Sukhesikarama Mindfulness Forest.


Dulu ia pernah mengalami kecelakaan sehingga saat meditasi muncul rasa sakit di kakinya. Saat berlangsungnya rasa sakit tersebut, ia berjuang dengan gigih menahan waktu berjam-jam dengan sangat menderita, tetapi ketika rasa sakit itu lenyap muncullah perasaan yang sangat bahagia, damai, dan tenang. Rasanya tidak terhingga.



Lihat video ini sekarang:


Tekan di sini untuk melihat sharing pengalaman para yogi lainnya.

13 tampilan

Postingan Terbaru

Baru pertama kali membuka situs ini?

Bergabung dalam mailing list kami. Tidak ketinggalan berita terbaru tentang praktik Dhamma

Tentang Meditasi

Profil Kami

Artikel Dhamma

Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

Pelajari panduan meditasi yang telah ditata secara step-by-step. Lihat jadwal meditasi dan daftar online untuk mengikuti kegiatan meditasi baik yang berlangsung selama sehari, tiga hari, sepuluh hari, atau tahunan. Baca Artikel Dhamma. Semua dapat dilakukan dalam situs ini.

INDONESIA

Forest Center: Bakom - Cianjur | Mancak - Serang

City Center: Sedayu Square - Jakarta | Pabuaran - Tangerang | Lubuk Pakam | Palembang

Situs ini adalah zona tanpa diskriminasi dalam bentuk apapun

© 2016 - 2019 Yayasan Satu Jalan Mulia Berunsur Delapan (YSJMBD)

Hubungi Kami | Kebijakan Privasi dan Lisensi

FB Page: Sukhesikarama

1,5k

Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

Sukhesikarama:

Meditasi Vipassanā

MENU