Bergabung dalam mailing list kami. Tidak ketinggalan berita terbaru tentang praktik Dhamma

Tentang Meditasi

Profil Kami

Artikel Dhamma

Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

Pelajari panduan meditasi yang telah ditata secara step-by-step. Lihat jadwal meditasi dan daftar online untuk mengikuti kegiatan meditasi baik yang berlangsung selama sehari, tiga hari, sepuluh hari, atau tahunan. Baca Artikel Dhamma. Semua dapat dilakukan dalam situs ini.

INDONESIA

Forest Center: Bakom - Cianjur | Mancak - Serang

City Center: Sedayu Square - Jakarta | Pabuaran - Tangerang | Lubuk Pakam | Palembang

Situs ini adalah zona tanpa diskriminasi dalam bentuk apapun

© 2016 - 2019 Yayasan Satu Jalan Mulia Berunsur Delapan (YSJMBD)

Hubungi Kami | Kebijakan Privasi dan Lisensi

Ke luar dunia dengan Meditasi - Sharing oleh NONA KAREL PRINCE


Pertama kalinya mengikuti retret meditasi 10 hari bersama keluarga di Sukhesikarama Mindfulness Forest - Bakom, Karel memang memiliki penyakit overused tumit sejak 5 tahun yang lalu. Penyakit tersebut menyebabkan ia tidak dapat berjalan dalam waktu yang terlalu lama. Dokter yang ia kunjungi untuk mengobati penyakit ini pun memiliki penyakit yang sama dan menurutnya memang tidak ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut. Dalam retret meditasi kali ini, penyakit tersebut dapat terdeteksi sampai ke akar masalahnya dan disembuhkan secara menyeluruh. Dari pengalaman meditasi ini, ia berpendapat bahwa dokter hanya dapat mengetahui sejauh yang pasien derita, sedangkan melalui meditasi hal yang tidak terdeteksi pun dapat diketahui. Nona juga berpendapat sama tentang meditasi yang memberikan manfaat bagi kesehatan pribadinya, karena ia juga memiliki penyakit skoliosis yang sembuh dengan rutin bermeditasi.


Selain dari segi kesehatan, Nona juga melihat manfaat meditasi yang luar biasa dari segi mental. 5 tahun yang lalu mertuanya, ibu dari Karel, masuk rumah sakit sampai berbulan-bulan dan memang tidak dapat ditolong lagi. Hal tersebut membuat mental Karel sangat terpuruk. Melihatnya, Nona berusaha memberi dukungan dengan mengajak Karel ke vihara untuk bermeditasi. Itulah awal perkenalan mereka dengan meditasi yang dibimbing oleh Y.M. Bhikkhu Gunasiri. Sejak itulah mereka sering ikut meditasi seminggu sekali, sehingga Nona merasakan ketenangan dan kebahagiaan. Tidak lama kemudian ternyata memang mertuanya meninggal, di situlah ia melihat kualitas mental Karel yang berubah drastis. Tidak seperti sebelumnya, Karel dapat menghadapi peristiwa tersebut dengan tenang.


Nona sudah mengajak Prince sejak berbulan-bulan yang lalu sebelum retret meditasi berlangsung. Ia mengetahui bahwa anak-anak zaman sekarang tentu ingin liburannya diisi dengan jalan-jalan ke luar kota atau luar negeri. Nona sempat berkata kepada Prince bahwa jalan-jalan ke luar negeri itu adalah suatu hal yang biasa, namun dengan meditasi vipassanā mereka dapat jalan-jalan ke luar dunia, ini baru luar biasa. Prince sendiri merasa bahwa dari meditasi kali ini ia dapat lebih sabar dalam menghadapi pikiran-pikiran yang bermunculan ketika bermeditasi dengan menggunakan berbagai cara ampuh yang diberikan oleh Y.M. Bhikkhu Gunasiri.



Lihat video ini sekarang:


Tekan di sini untuk melihat sharing pengalaman meditasi lainnya.

204 tampilan

Postingan Terbaru

Baru pertama kali membuka situs ini?

FB Page: Sukhesikarama

1,5k

Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

Sukhesikarama:

Meditasi Vipassanā

MENU