Pengalaman Meditasi Vipassanā Intensif 3 Bulan - BUDIMAN

Pengalaman Meditasi Vipassanā Intensif 3 Bulan - BUDIMAN

Budiman sudah mengenal meditasi vipassanā sejak tahun 2007 dan mendapatkan banyak manfaat seperti lebih mudah mengontrol emosi. Walaupun sudah meyandang gelar sebagai yogi lama yang berpengalaman, ia masih bisa marah sehingga merasa malu ternyata ia masih memiliki kekotoran batin / kilesa.


Awalnya ia lebih condong memakai teknik kembung kempis perut yang dipopulerkan oleh Mahasi Sayadaw sebagai objek dasar, namun ketika mengetahui Sistem Tahapan Aktif Jasmani yang dikembangkan oleh Y.M. Bhikkhu Gunasiri lalu mencobanya, ia merasa bahwa sistem ini lebih cocok bagi dirinya. Maka dari itu retret meditasi intensif yang ia lakukan selama 3 bulan di Sukhesikarama Mindfulness Forest ini sekaligus untuk menguji efektifitas dari Sistem Tahapan Aktif Jasmani, apakah sistem ini dapat efektif megikis kilesa?


Di akhirnya ia menyatakan bahwa Sistem Tahapan Aktif Jasmani ini 100% ampuh mengikis kilesa. Sebelumnya ia berpikir bahwa hanya samatha yang bisa asyik untuk dilakukan, namun ternyata vipassanā pun dapat asyik untuk dilakukan, ia dapat meditasi berjam-jam asyik sekali dengan selalu Aktif Jasmani.



Lihat video ini sekarang:


Tekan di sini untuk melihat sharing pengalaman para yogi lainnya.

175 tampilan

Postingan Terbaru

Baru pertama kali membuka situs ini?