Perjuangan dalam meditasi - Sharing oleh YAYUK


Yayuk beserta rombongan dari Palembang, pertama kalinya bersama-sama datang ke Sukhesikarama Mindfulness Forest - Bakom untuk mengikuti retret meditasi. Sebelum datang ia sudah sering mengikuti beberapa kegiatan meditasi yang dibimbing oleh Y.M. Bhikkhu Gunasiri di Palembang. Dengan bekal tersebut ia dapat berlatih meditasi di rumah sekitar dua jam tiap sesinya, namun ia secara jujur mengatakan bahwa pengalaman tersebut tidak sebanding dengan pengalaman yang ia dapatkan dari mengikuti retret meditasi kali ini. Ia mengatakan bahwa baru di retret meditasi vipassanā ini ia dapat melihat langsung proses ketidakkekalan / anicca.


Dikarenakan suaminya telah meninggal tiga tahun yang lalu, ia harus menjadi satu-satunya tulang punggung keluarga yang merawat ketiga anaknya. Selepas hari ke-tujuh, saat meditasi ia tiba-tiba mendengar suara suaminya memanggil. Hal ini membuatnya sangat sedih dan menangis tersedu-sedu, namun untungnya beberapa saat setelah itu ada Dhamma Talk, sehingga ia harus memaksa dirinya menghentikan tangisan tersebut dan mendengarkan ceramah dari Y.M. Bhikkhu Gunasiri. Akibat dari hambatan mental tersebut beberapa hari setelahnya pun pikirannya masih kacau balau. Meditasi menjadi sangat sulit untuk dilakukan.


Di hari terakhir, akhirnya ia bertekad untuk berusaha meditasi semaksimal mungkin. Keberuntungan berikutnya datang lagi dalam bentuk rasa sakit di saat meditasi duduk. Mengapa rasa sakit adalah suatu hal yang untung? Ia mengaku jika rasa sakit tersebut tidak muncul, maka ia tidak mungkin dapat bermeditasi lagi karena akan diserang oleh hambatan mental yang bertubi-tubi. Ia dapat dengan mudah mengarahkan seluruh perhatiannya pada rasa sakit tersebut. Bukan hanya itu, pengamatan rasa sakit tersebut adalah kali pertamanya ia dapat melihat secara langsung hambatan fisik yang muncul sampai tuntas lenyap. Saat rasa sakit itu lenyap, badannya menjadi tegak dan ringan. Ia menutup sharingnya dengan mengatakan bahwa semua hal pasti bisa diatasi jika ada kemauan.



Lihat video ini sekarang:


Tekan di sini untuk melihat sharing pengalaman meditasi lainnya.

0 tampilan

Postingan Terbaru

Baru pertama kali membuka situs ini?

Bergabung dalam mailing list kami. Tidak ketinggalan berita terbaru tentang praktik Dhamma

Tentang Meditasi

Profil Kami

Artikel Dhamma

Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

Pelajari panduan meditasi yang telah ditata secara step-by-step. Lihat jadwal meditasi dan daftar online untuk mengikuti kegiatan meditasi baik yang berlangsung selama sehari, tiga hari, sepuluh hari, atau tahunan. Baca Artikel Dhamma. Semua dapat dilakukan dalam situs ini.

INDONESIA

Forest Center: Bakom - Cianjur | Mancak - Serang

City Center: Sedayu Square - Jakarta | Pabuaran - Tangerang | Lubuk Pakam | Palembang

Situs ini adalah zona tanpa diskriminasi dalam bentuk apapun

© 2016 - 2019 Yayasan Satu Jalan Mulia Berunsur Delapan (YSJMBD)

Hubungi Kami | Kebijakan Privasi dan Lisensi

FB Page: Sukhesikarama

1,5k

Sukhesikarama Mindfulness Forest (SUMMIT)

Sukhesikarama:

Meditasi Vipassanā

MENU